Kamis, 15 September 2011

Air Terjun Tonrong, Desa Terasa

Tonrong adalah salah satu dusun di desa Terasa, Sinjai Barat. Tonrong menjadi salah satu dusun terjauh di desa Terasa selain Cenre. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Tonrong dari dusun Kalelembang sekitar 7 Km, dan untuk sampai ke Air Terjun Tonrong, kita harus menempuh perjalanan 2 Km lagi. Untuk sampai ke dusun Tonrong dapat ditempuh dengan berjalan kaki ataupun dengan sepeda motor, tetapi sepeda motor hanya dapat digunakan apabila kondisi jalan sangat kering atau tidak terjadi hujan. Hal ini disebabkan kondisi jalan yang masih berupa tanah dasar yang sangat membahayakan jika dilewati pada saat terjadi hujan.


Jalanan Ke Dusun Tonrong












Untuk sampai ke dusun tonrong, kita melewati dusun Bontosunggu dan dusun Laha-Laha. Jika berjalan kaki memakan waktu kira-kira 3 jam, dan 1 jam naik motor. Perjalanan yang terasa melelahkan seakan hilang ketika kita telah sampai ke tujuan, yaitu Air Terjun Tonrong. Dipandu langsung oleh Kepala Dusun Tonrong, kita akhirnya menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di air terjun yang masih sangat alami ini.


















Pemandangan air terjun ini masih sangat alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia. Rasa dingin yang sangat akan terasa ketika pertama kali menyentuh air terjun ini. Suhu air mencapai 18 derajat celcius yang membuat tubuh sedikit gemetar. Akan tetapi setelah beberapa saat, rasa dingin akan hilang perlahan-lahan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar